9 Tim Amankan Posisi, Nasib 3 Wakil Inggris di Ujung Tanduk

VIVA.co.id – Matchday 5 penyisihan Grup Liga Champions usai digelar, beberapa tim elit Eropa sudah memastikan diri melaju ke babak 16 besar. Pastinya, kondisi ini akan membuat semarak laga di fase tersebut.

Dimulai dari Grup A, Real Madrid tampil perkasa di sepanjang laga fase grup. Cristiano Ronaldo cs belum sekalipun menelan kekalahan, membuat mereka kokoh di puncak klasemen dengan 4 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Kemudian ada Paris Saint-Germain (PSG) di peringkat 2, klub raksasa asal Prancis ini menjadi tim kedua dari Grup A yang berhasil lolos ke 16 besar. Sayangnya, tim asuhan Laurent Blanc ini langkahnya selalu terhenti di babak tersebut dalam beberapa musim terakhir.

Sedangkan di Grup B, belum ada yang bisa memastikan diri melaju dari babak penyisihan grup.  Wolfsburg, Manchester United, dan PSV Eindhoven masih sama-sama memiliki peluang untuk lolos.

MU pun sekarang berada di posisi 2 klasemen sementara Grup B penyisihan Liga Champions dengan koleksi 8 poin. Artinya, bila ingin lolos, maka Wayne Rooney cs wajib meraih kemenangan pada matchday 6, kontra VfL Wolfsburg.

Hasil imbang atau kekalahan membuat mereka terancam tersingkir jika PSV yang berada di posisi 3 dengan raihan 7 poin mampu membekuk juru kunci, CSKA Moskow. Wolfsburg yang juga hendak mengamankan posisi bakal berjuang mati-matian di Volkswagen Arena.

Pindah ke Grup C, Atletico Madrid dan Benfica sudah memastikan diri tampil di babak 16 besar. Tim besutan Diego Simeone memastikan langkahnya usai menekuk Galatasaray 2-0 di Vicente Calderon, dini hari tadi.

Sedangkan Benfica lolos, meski hanya bermain imbang 2-2 dengan tim debutan asal Kazakhstan, FC Astana.  Tim elit lainnya yang berhasil lolos adalah runner-up musim lalu, Juventus.

Mario Mandzukic jadi pahlawan kemenangan Juve dalam laga kontra Manchester City dini hari tadi. Kemenangan 1-0 atas City cukup mengantar pasukan Massimiliano Allegri ke 16 besar.

Meskipun kalah, Manchester City juga tetap berhak lolos ke 16 besar. Mereka adalah satu-satunya wakil Inggris yang hingga saat ini sudah memastikan diri tampil di 16 besar, dan tinggal berebut status juara grup D.

“Grup ini belum selesai. Sangat penting keluar sebagai juara di sini. Namun, kami harus lihat apa yang bisa dilakukan Juventus di kandang Sevilla. Itu akan menjadi pertandingan sulit bagi mereka, karena bermain tandang dan kubu lawan berharap melaju ke Liga Europa,” kata pelatih ManCity, Manuel Pellegrini.

Dua raksasa lainnya yang juga sudah menginjakkan kaki di babak 16 besar adalah Barcelona dan Bayern Munich. Barcelona belum sekalipun terkalahkan di Grup E, sedangkan Bayern Munich memastikan langkahnya usai taklukkan Olympiacos 3-0 .

Hasil mengejutkan datang dari Grup H. Wakil Rusia, Zenit St. Petersburg jadi salah satu tim yang akan tampil di babak 16 besar. Dalam 5 laga fase grup, tim besutan Andre Villas-Boaz ini mampu menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

Berikut Peta Tim yang Lolos dari Masing-masing Grup:

Grup A: Real Madrid dan Paris Saint-Germain
Grup B: Belum ada yang lolos. (Wolfsburg, Manchester United, dan PSV Eindhoven sama-sama berpeluang lolos.)
Grup C: Atletico Madrid dan Benfica
Grup D: Juventus dan Manchester City
Grup E: Barcelona (satu tiket tersisa akan diperebutkan AS Roma dan Bayer Leverkusen)
Grup F: Bayern Munich (satu tiket tersisa akan diperebutkan Olympiakos dan Arsenal)
Grup G: Belum ada yang lolos.  (Chelsea, Porto, dan Dynamo Kiev sama-sama berpeluang.)
Grup H: Zenit Saint Petersburg (satu tiket tersisa akan diperebutkan KAA Gantoise dan Valencia)

Sumber: 9 Tim Amankan Posisi, Nasib 3 Wakil Inggris di Ujung Tanduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *