Piala Jenderal Sudirman: Rp259 Juta dari Denda Kartu Saja

VIVA.co.id – 20 Pertandingan Piala Jenderal Sudirman sudah digelar sejauh ini sejak pembukaan 10 November 2015 kemarin. Mengacu pada peraturan, sanksi disiplin membuat klub merogoh kantong cukup dalam.

Menurut statistik yang dikeluarkan Lab Bola, total 112 kartu kuning dikeluarkan oleh wasit untuk para klub peserta. Selain itu, tujuh kartu merah juga dikeluarkan wasit sejauh ini.
Mengacu pada peraturan yang dikeluarkan Mahaka Sports and Entertainment untuk Piala Jenderal Sudirman, akan ada denda yang dijatuhkan bagi setiap kartu yang keluar. Kartu kuning seharga Rp 2 juta, sementara Rp 5 juta untuk kartu merah.
Artinya sejauh ini total denda untuk sanksi dari kartu adalah Rp 224 juta dari kartu kuning saja, sementara denda untuk kartu merah totalnya Rp 35 juta. Total uang hasil sanksi tersebut mencapai Rp 259 juta.
Pertandingan yang paling banyak mendapatkan sanksi denda adalah Persija Jakarta kontra Sriwijaya FC semalam, dengan total enam kartu kuning dan dua kartu merah, atau total Rp 22 juta.
Sementara wasit yang paling royal mengeluarkan kartu adalah Iwan Sukoco, yang sudah mengeluarkan total lima kartu merah selama Piala Jenderal Sudirman ini. Selain Iwan, hanya satu wasit yang mengeluarkan kartu merah yaitu Prasetyo Hadi (1).
Sampai saat ini, belum jelas kemana uang hasil sanksi itu akan diberikan. Pihak Mahaka, sebagai promotor turnamen Piala Jenderal Sudirman, masih belum bisa dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Sumber: Piala Jenderal Sudirman: Rp259 Juta dari Denda Kartu Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *